Pantangan Bisnis Bagi Pemula, Langkah Awal Mengelola Risiko Usaha

Pantangan Bisnis Bagi Pemula, Langkah Awal Mengelola Risiko Usaha

Sebaliknya, jika bisnis dilakukan karena harapan akan kekayaan semata, ketika muncul tantangan atau kesulitan, yang niscaya pasti ada dalam usaha, semangat pantang menyerah mudah luntur. Passion merupakan penyemangat yang manjur saat bisnis sedang susah. Walaupun penjualan sedang merosot, tetapi karena melakukannya bukan karena tuntutan keuntungan, namun karena memang menyukainya, kita akan terus berkarya memberikan yang terbaik. Namun, bukan berarti bahwa endurance bisnis tidak bisa dilatih atau dibangun.

Pikirkan bahwa usaha untuk pemula Anda akan semakin besar ke depan. Pada saat itu, jumlah karyawan dan kesibukannya Anda semakin melimpah. Jika dari awal tidak ada batasan pekerjaan dan pengaturan yang baik, usaha Anda bisa hancur dalam sekejap. Namun, Anda tidak bisa mencapai kesuksesan dengan menjalankan semuanya sendiri. Anda perlu tim yang membantu penopang bisnis Anda agar bisa bergerak ke sasaran yang dituju.

Selain itu, bisnis ini sangat menguntungkan dan prospeknya pun jangka panjang. Secara offline, Anda bisa mulai dengan menitipkan kue buatan Anda ke warung-warung terdekat. Secara on-line, Anda bisa mulai dengan promosi di akun media sosial pribadi Anda atau komunikasi via chat. Agar produk Anda terjual dengan baik, kreasikan penataan tanaman Anda dengan indah supaya menarik perhatian saat dipromosikan melalui media sosial. Pilihlah barang-barang layak pakai yang kiranya sudah tidak Anda gunakan. Manfaatkan handphone Anda untuk memotret produk Anda dengan baik.

Bisnis awal untuk pemula

Jika Anda memiliki teman yang berprofesi sebagai pebisnis, mintalah bantuannya untuk memasukkan Anda ke dalam forum tersebut. Alhasil informasi yang didapat menjadi lebih banyak dan updated. Dengan mengikuti seminar, Anda pun akan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dari pakar atau pelaku usaha yang lebih dahulu sukses. Bahkan di tempat seminar ini pula Anda bisa menambah jaringan pergaulan Anda dengan para pebisnis lain. Untuk berbisnis, dibutuhkan nyali yang kuat dan sifat pantang menyerah agar dapat berjalan sesuai yang direncanakan.

Hal itu akan lebih baik apabila ditunjang dengan keahlian dan pengalaman Anda di jenis usaha tersebut. Lakukan analisisBreak Event Pointuntuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda. Setelah itu susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan usaha Anda tersebut. Akan tetapi, resiko yang dihadapi pun jadi jauh lebih besar dibanding menjadi karyawan perusahaan. Saat ini, banyak orang-orang yang semakin sulit untuk mendapat pekerjaan, apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Akhinya banyak orang yang lebih memilih cara kedua dalam mendapatkan modal tanpa perlu membayar bunga setiap bulannya dan hanya memberikan keuntungan nyata yaitu investor.

Sebesar apapun usaha yang Anda punya, wajib hukumnya untuk terus menambah dan membina jaringan yang sudah ada. Jaringan bisa berupa pelanggan, teman, saudara, dan sebagainya. Cara membentuk dan membina jaringan adalah dengan banyak silaturahmi bisnis. Sering mendatangi acara atau pertemuan untuk menambah kenalan baru yang bisa jadi jaringan baru usaha anda. Apabila direnungkan kembali, ada fakta menarik dari karyawan kantoran bahwa mereka mungkin memiliki gaji kecil, tetapi nyatanya banyak dari mereka yang memiliki waktu luang yang besar. Sayangnya, sebagian besar dari mereka tidak memanfaatkan waktu luang tersebut dengan optimal dan mengubahnya menjadi uang.

Dengan strategi seperti ini, pelan-pelan ia bisa membangun usahanya dan bisa mendapatkan untung yang lebih dari cukup sebagai tambahan penghasilan setiap bulannya. Atau hanya ikut ikutan teman atau saudara Kamu yang sudah sukses dalam menjalani bisnis. Ini merupakan kesalahan yang banyak dilakukan oleh pebisnis awal.

Hal ini penting untuk menarik pelanggan baru maupun mempertahankan dan menjaga loyalitas pelanggan. Mengacu pada poin #3 tentang survey, menentukan lokasi usaha sebaiknya pada tempat yang strategis dan cukup ramai dilalui orang. Lain halnya bila bisnis yang dijalankan tersebut adalah bisnis on-line yang tidak mengharuskan calon pembeli untuk datang ke lokasi. Tingginya minat wanita dalam menghias kuku menjadi peluang bagi usaha khusus nail art.

Cek 9 pinjaman modal usaha yang bisa diajukan secara on-line ini. Kemampuan membangun jaringan amat penting untuk kemajuan bisnis. Selain itu, dengan berinteraksi dengan banyak orang, terutama sesama pengusaha, ilmu yang didapatkan pun jadi lebih banyak. Salah satu bukti bisnis modal kecil bisa memberi untung besar adalah kisah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Comments are closed.