Menumbuhkan Dan Menguatkan Jiwa Wirausaha Ditengah Pandemi Covid

Menumbuhkan Dan Menguatkan Jiwa Wirausaha Ditengah Pandemi Covid

Ingatlah bahwa anda tidak memiliki atasan yang akan menegur jika anda telat datang ke tempat kerja atau saat anda lalai dalam bertugas. Maka kedisiplinan menjadi yang utama dalam pekerjaan anda di bidang wirausaha ini. Disiplin merupakan sifat dasar dalam menggerakan motivasi dan semangat dalam menjalankan usaha dan pekerjaannya. Selain memiliki sikap yang berani anda juga harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam menjalankan usaha dan perusahaan yang anda dirikan sendiri. Secara tidak langsung, sikap percaya diri ini akan mendukung anda dalam mengerjakan setiap pekerjaan serta menjalaninya dengan sikap yang tenang.

Para wirausahawan dapat mengambil alternatifnya yakni, dengan mengikuti bazaar, karena bazaar adalah sarana promosi yang murah dan dapat dijadikan momen untuk mengambil keuntungan. Wirausaha harus mampu menghargai karyawan, masyarakat, pelanggan, dan pihak yang berhubungan dengan perusahaan sesuai etika yang berlaku. Seorang calon wirausaha tabu untuk melakukan perbuatan yang melanggar hokum baik hokum masyarakat maupun hukum Negara.

Namun, mereka bekerja dengan keras untuk membuat perencanaan yang bisa meminimalisir kegagalan. Sehingga seorang wirausaha merupakan seseorang yang memiliki kemauan untuk menanggung risiko dan keberanian memulai usaha. Kedua, belajarlah dari kisah para pengusaha sukses yang sudah berhasil mengembangkan bisnisnya dari nol. Dengan begitu Anda akan terinspirasi dan termotivasi untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka dalam menjalankan bisnis.

Pengamatan terhadap produk atau jasa juga adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh usahawan agar kekurangan pada produk atau jasa yang dihasilkan dapat diperbaiki. Melakukan pengamatan terhadap kecenderungan-kecenderungan yang terjadi pada pasar juga akan sangat membantu untuk memperbaiki kegiatan usaha yang baru saja dimulai. Setelah memiliki ide, carilah seseorang untuk membangun startup bersama Anda. Hal ini sangat penting di fase awal membangun sebuah startup, karena Anda tidak dapat menjalankan startup sendirian. Apalagi relasi-relasi bisnis Anda memiliki kedudukan yang penting sehingga bisa membuat pekerjaan Anda semakin menjadi lancar. Untuk itu Anda perlu menjaga hubungan yang baik dengan para relasi.

Karakter yang satu ini akan memperlihatkan kegigihan seseorang dalam melakukan berbagai upaya – agar bisnisnya terus maju. Disiplin merupakan keteraturan mengenai hal-hal yang kamu lakukan untuk bisnis. Meskipun memulai usaha dengan skala kecil, bukan berarti anda tidak perlu disiplin waktu.

Berani mengambil langkah dalam berbisnis

Apa yang ingin anda capai dengan berinvestasi akan membuat anda bersemangat sekaligus menentukan produk investasi yang tepat. Dengan tujuan, anda juga akan memiliki komitmen dan mimpi agar tujuan tersebut tercapai. Ia juga menggarisbawahi tentang beberapa hal lain seputar investor. Pertama, penting untuk mencari investor yang dapat menjadi strategic partner, terutama yang sudah memiliki banyak portofolio investasi.

Ini bertujuan untuk terus menjalin hubungan profesional yang baik. Pelajaran berharga bisa dipetik dari perjalanan Brian Chesky, founder dari Airbnb, perusahaan akomodasi internasional. Kondisi pandemi benar-benar mengguncang lini bisnisnya sehingga terpaksa merumahkan banyak karyawannya. Hingga akhirnya, ia memilih resign dari pekerjaan yang telah digeluti selama 5 tahun agar bisa fokus berbisnis. Hasilnya, omset bisnisnya meningkat bahkan hingga miliaran rupiah. Nah, untuk bisa menemukan peluang yang tepat, Anda perlu melakukan riset pasar dengan baik dulu, ya.

Comments are closed.